akuu

akuu

Rabu, 05 Mei 2010

take home test !!














































































ESSAY



1. Perbedaan database schema dan database state adalah



Jawab : Database schema merupakan sebuah konsep yang diperlukan untuk merancang basis data. Database schema mengalami perubahan sangat jarang. Skema basis data digambarkan oleh data model dalam bentuk diagram (database schema diagram). Schema disebut juga intension.

Sedangkan Database State menunjukkan isi atau konten database pada saat itu. Database state berubah setiap data tersebut diperbaharui/ diupdate. State disebut juga extension(perluasan).



2. Perbedaan two-tier dan three-tier architecture



Jawab :

· two-tier adalah membagi proses load kedalam dua bagian. Aplikasi utama secara logika dijalankan/ berjalan pada sisi client yang biasanya mengirimkan request dalam bentuk sintaks SQL ke sebuah database server yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. Dapat juga disebut dengan arsitektur fat client karena bagian terbesar atau yang utama dari aplikasi berjalan pada sisi client/ komputer client.



· three-tier adalah membagi proses loading antara :

1) komputer client menjalankan graphical user interface (GUI) logic,

2) aplikasi server menjalankan business logic, dan

3) database dan/ atau legacy application. Karena 3-tier memindahkan application logic ke server sehingga sering juga disebut sebagai arsitektur fat server.



3. Sebuah data disebut “self describing” sebab database tsb dapat mengurangi duplikasi data, pernyataan tsb benar atau salah berikan penjelasanny



Jawab: benar



Karena “Database is a self-describing collection of integrated tables”, yang berarti database adalah sebuah koleksi data yang menggambarkan integrasi antara tabel yang satu dengan tabel yang lainnya. “Database is a self-describing”, disini dijelaskan bahwa struktur data saling terintegrasi dalam suatu tempat yang dikenal sebagai kamus data atau metadata.



4. Pada “two-tier architecture”, agar pemrosesan lebih cepat maka digunakan Application Server disamping Database server benar atau salah berikan penjelasannya



Jawab : salah



Semua aplikasi client/ server haruslah memiliki paling tidak 2 tier : user interface pada sisi client dan data terdistribusi yang disimpan pada sisa server.



5. Data model merupakan representasi fisik (physical representation) dari struktur basisdata. Pernyataan tersebut benar atau salah berikan penjelasan



Jawab : B



Salah satu jenis model data yaitu Physical Data Models yang berfungsi untuk menerangkan bagaimana data disimpan dalam komputer, merepresentasikan informasi seperti ; struktur record, permintaan record, dan jalur akses



6. Apa beda multi user database dengan singular database



Jawab:

· single user : Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai.

· Multi user : tetapi dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar